Sekarang ini tersedia banyak cara yang bisa digunakan untuk strategi promosi. Baik promosi barang maupun jasa. Misalnya saja via Facebook, Instagram, brosur, maupun website. Website sendiri faktanya tidak sepopuler media sosial. Banyak bisnis yang mengesampingkannya dengan beragam alasan: ribet, mahal, tidak ada tenaga khusus, dan sebagainya. Padahal penting untuk memiliki website yang akan nantinya akan sangat bermanfaat untuk berkembangnya bisnis.

Ketika website bisnis sudah terbangun dengan baik, itu bisa menjadi aset yang sangat berharga. Website yang Anda buat tidak cuma hadir sebagai formalitas “eksistensi bisnis”, melainkan menjadi “wajah” dari bisnis Anda. Pada akhirnya website bisnis Anda akan menjadi bagian dari kesuksesan bisnis itu sendiri.

Berikut tujuh hal kenapa Anda harus segera memiliki website untuk bisnis yang dimiliki.

  1. Bisnis tampak kredibel

Konsumen era ini cenderung menggunakan mesin pencarian di internet untuk mencari barang atau jasa yang dikehendaki. Apabila bisnis yang Anda miliki masih berskala kecil, keberadaan website akan meningkatkan kredibilitasnya.

Tanpa website, sangat mungkin pembeli potensial justru bertransaksi ke kompetitor Anda yang punya website. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa website yang dimiliki pun mesti tampil profesional dan ramah pengguna.

Pastikan bahwa pengakses tidak akan bingung dengan navigasinya. Misalnya dengan meletakkan etalase produk maupun jasa di halaman utama, lengkap dengan keterangan yang relevan dan akurat.

  1. Website menghemat pengeluaran bisnis

Dibandingkan dengan strategi pasang iklan di media massa, memiliki website jauh lebih murah biayanya. Semua langkah promosi bisa Anda integrasikan di dalam website yang dimiliki. Hal ini akan membuat tingkat awareness calon konsumen semakin naik. Di target jangka panjang, keterikatan antara pengakses dan website bisnis Anda akan menghasilkan loyalitas yang bersifat simbiosis mutualisme.

  1. Memudahkan pelanggan mencari informasi

Umpamakan website bisnis Anda layaknya brosur ataupun katalog. Karena ini formatnya digital, pembaruan informasi produk/jasa bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat. Termasuk kalau ada produk baru, acara khusus, promosi khusus, hingga interaksi langsung dengan pelanggan.

  1. Selalu bisa diakses

Paparan iklan di koran kemungkinan hanya bisa terasa dalam hitungan hari, begitupun dengan televisi yang kemungkinan cuma diingat selama sekian jam. Website memungkinkan bisnis Anda untuk selalu bisa diakses setiap saat. Berbeda dengan toko konvensional, toko online bisa melakukan transaksi kapan saja.

  1. Website memungkinkan untuk mencapai pasar yang lebih luas

Pengakses website tidak hanya dibatasi oleh wilayah. Lupakan cakupan daerah, nasional, regional. Siapa pun yang punya akses internet di seluruh dunia, bisa mengakses website Anda asalkan keyword yang dimasukkan memang sesuai. Alhasil, pembeli pun bisa berasal dari bermacam-macam daerah/negara. Bahkan mobil hingga rumah pun dijual via online dan ditemukan oleh pembelinya, tentu saja produk lainnya juga bisa demikian.

  1. Kehadiran website menghemat waktu

Menyediakan informasi buat pelanggan tentu saja membutuhkan waktu tersendiri. Baik itu lewat telepon, tatap muka, brosur, maupun e-mail. Dengan adanya katalog online, Anda dapat menyediakan informasi komprehensif (tentang hal yang paling sering ditanyakan) di situ. Sekali website Anda berjalan, calon pelanggan bisa membaca informasi umum terlebih dahulu di situ.

  1. Meningkatkan layanan pelanggan

Mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan bermaksud membagikan tips tentang bagaimana caranya mendaur ulang produk, dan tips lainnya. Dengan adanya website, Anda bisa menyediakan berbagai macam tips tersebut di dalam kategori khusus. Artikel bisa berupa pengunggahan berkala di website maupun pengiriman newsletter via e-mail ke pelanggan. Tidak perlu lagi mencetak panduan di kertas, tentu hal ini semakin meneguhkan produk/jasa Anda sebagai environmentally friendly.

Itulah tujuh alasan mengapa penting bagi bisnis Anda membutuhkan website. Prosesnya memang tidak sebentar, tetapi apabila pembangunan asetnya lancar, dalam jangka panjang website Anda akan memberikan hasil yang optimal. Apabila Anda tertarik untuk memiliki website buat bisnis yang dimiliki, Studio Konten bisa membantu mewujudkannya.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Categories: #Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *